-->








BMKG Respon Keresahan Masyarakat Terkait Potensi Gempabumi Berkekuatan 8,8

21 Juli, 2019, 23.13 WIB Last Updated 2019-07-21T16:15:40Z
JAKARTA - BMKG merilis pernyataan resmi merespon keresahan masyarakat pantai selatan Jawa, akan terjadinya gempabumi dengan kekuatan 8,8 diikuti tsunami setinggi 20 meter di pantai Cilacap, Yogyakarta sampai Jawa Timur.

Berikut isi rilis resmi yang dikeluarkan BMKG, Minggu (21/07/2019), ditandatangani Deputi Bidang Geofisika, Dr. Ir. Muhammad Sadly, M.Eng:

1. Indonesia sebagai wilayah yang aktif gempabumi memiliki potensi gempa bumi yang dapat terjadi kapan saja dan dalam berbagai kekuatan.

2. Sampai saat ini belum ada tehnologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat dan akurat kapan, dimana dan berapa kekuatannya, sehingga BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempabumi.

3. Berdasarkan kajian ahli bahwa zona Megathrust selatan Jawa memiliki potensi kekuatan gempa dengan Magnitudo maksimum M 8,8. Tapi ini potensi bukan prediksi, sehingga kapan terjadinya tidak ada yang tahu. Untuk itu kita semua harus melakukan upaya mitigasi struktural dan non struktural dengan membangun bangunan aman gempa, melakukan penataan tata ruang pantai yang aman tsunami, serta membangun kapasitas masyarakat terkait cara selamat saat terjadi gempabumi dan tsunami.

4. Masyarakat dihimbau tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu yang beredar. Apabila ingin mengetahui lebih jelas dapat menghubungi kontak center: 021-6546316 atau www.bmkg.go.id.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini