-->




 


DEMA FTK Gelar Webinar Nasional RISTEK

28 Maret, 2022, 23.00 WIB Last Updated 2022-03-29T00:25:06Z
LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - DEMA FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh gelar Webinar Nasional RISTEK dengan tema ''Inovasi Teknologi dalam Bidang Pendidikan dan Tantangannya di Era Digitalisasi", Senin (28/03/2022).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang diwakili Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. 

"Kegiatan ini sangat kita apresiasi, karena sangat berguna dan bermanfaat khususnya dalam inovasi teknologi di bidang pendidikan," demikian kata sambutan Wakil Dekan III.

Ketua Panitia, Muhammad Khalildalam laporannya menyampaikan bahwasanya kegiatan ini bersifat online melalui zoom serta menghadirkan 2 pemateri dan diikuti oleh berbagai peserta.

"Tidak hanya dari kalangan mahasiswa Aceh tetapi juga diikuti oleh berbagai peserta yang tersebar di seluruh Indonesia,'' sebutnya. 

Ketua DEMA FTK, Daudi Alwi dalam sambutannya menyampaikan "Harapan kita semua juga negara kita bisa benar-benar berkembang. Semoga untuk kedepan negara kita bisa menjadikan negara yang termasuk salah satu negara yang berteknologi ternama di dunia pendidikan" ucapnya.

Pemateri pertama, Mulkan Fadhli dalam materinya menyampaikan, era disruption adalah era yg seharusnya membuat kita optimis, bukannya malah ketakutan. Mengapa? Karena ini hanyalah era transisi menuju abundance era (keberlimpahan). 

"Menurut Singularity Univeristy, istilah disruption era itu menimbulkan aura positif, optimis, dan penuh semangat. Berbeda dengan di Indonesia yang malah diartikan sebaliknya sebagai istilah yang menakutkan dan penuh ancaman," terangnya.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH. COM

Richard Sambera Sagala, selaku pemateri kedua mengangkat tema teknologi simulasi digital dan kajian tpack.

"Secara sederhana, teknologi simulasi adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk memperagakan kondisi atau gejala asli dalam bentuk tiruan. Yang mana, pada masa kini perkembangan teknologi simulasi sangat maju pesat,” demikian pemaparannya. 

Dalam perkembangan zaman di era Revolusi Industri 4.0 tentunya perkembangan teknologi digital mengalami peningkatan yang sangat pesat. Inovasi dan kecanggihan yang terus dikembangkan akan sangat membantu kehidupan manusia. Seperti yang kita ketahui, dalam kehidupan manusia di era digital ini akan selalu terhubung dengan teknologi.

Teknologi telah mempengaruhi dan mengubah manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kehidupan masyarakat Indonesia saat ini tidak terlepas dari teknologi digital. Teknologi memiliki peran penting dan nyata pada era masyarakat informasi (Information Society) atau masyarakat ilmu pengetahuan (Knowledge Society).[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini

hukrim

+