-->








Himastra UIN Ar Raniry Kunjungi ANRI Terkait Pengelolaan Arsip

29 September, 2022, 14.44 WIB Last Updated 2022-09-29T07:44:22Z
LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) menerima kunjungan Mahasiswa dan Dosen Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan UIN Ar Raniry, Rabu (28/09/2022),  bagian dari kegiatan Himastra Divisi Kesekretariatan.

Zaki Fuad Khalil, SIP,  M.Si, selaku dosen yang mendampingi para mahasiswa mengatakan, kedatangannya bersama mahasiswa yang bergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara (Himastra) ke BAST adalah, untuk memahami lebih dalam mengenai mekanisme pengelolaan dan penataan arsip yang baik.

"BAST mempunyai tugas melaksanakan akuisisi pengelolaan, presevrasi, serta layanan dan pemanfaatan arsip statis lembaga negara tingkat pusat di daerah, Pemerintahan Aceh, dan arsip tsunami," jelasnya. 

Sementara Muhammad Aditia Rizki, Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara FISIP UIN Ar Raniry Banda Aceh, mengatakan di dalam kunjungan ini, kami sangat banyak mendapatkan informasi yang dibutuhkan pada mahasiswa ilmu administrasi negara.

Adapun ilmu yang di dapatkan  antara lain:

Mengenai sistem SPBE, saat ini administrasi semakin maju yang mana setiap orang dituntut untuk bisa menggunakan elektronik.

"Hal ini membuat pengelolaan arsip akan semakin bagus lagi dengan menggunakan sistem SPBE," ujarnya. 

TERIMA KASIH TELAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Sambungnya, sistem pemerintahan berbasis elektronik saat ini dengan menggunakan sistem pemerintahan yang dinamis membuat Indonesia semakin berkembang.

"Pemanfaatan teknologi ini sendiri telah dilakukan dalam pengelolaan arsip, sehingga keseluruhan informasi dapat disimpan secara elektronik dalam satu data dan di jaga kelestariannya," terangnya. 

Dijelaskannya lagi dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 "SKS diartikan sebagai jam kegiatan" hal ini juga bermakna proses pembelajaran tidaklah hanya berlangsung di dalam kelas. Tapi kesempatan belajar dan mendapatkan pengalaman bisa kamu dapatkan dimana saja dan kapan saja. 

"Dunia kerja di masa depan membutuhkan anak muda yang memiliki skill, kedisiplinan, tanggung jawab, dan karakter yang baik. Dimanapun kamu berproses, kenali dirimu dan apa kemampuanmu. Belajar ber-attitude yang baik terhadap guru juga sangatlah penting, karena letak kehebatan seseorang pun terkadang bukan dari banyak ilmu yang ia pelajari, tapi bagaimana takzim terhadap orang yang mengajarkan ilmu pengetahuan," jelasnya. 

Adapun harapan dari kami, lanjut dia,  semoga dengan adanya kunjungan kali ini, kami selaku generasi muda Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara FISIP UIN Ar Raniry dapat mempraktekkan langsung pengelolaan arsip yang baik, dan membantu dalam data-data yang mungkin akan dibutuhkan di kemudian hari.

"Saran kami berharap besar ke pada BAST ANRI, semoga perjumpaan kita bukan sekali dan terakhir, semoga kita dapat bertemu lagi di kemudian hari, dan semoga ANRI selalu menginspirasi masyarakat Indonesia untuk menjadikan Indonesia yang bermutu, bijak dalam menyimpan data yang baik," pinta Muhammad Aditia Rizki.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini