-->

Bupati Aceh Tamiang Dorong OPD Lahirkan Inovasi Daerah

10 Desember, 2020, 17.06 WIB Last Updated 2020-12-11T03:48:16Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Bupati Aceh Tamiang menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Fasilitasi Inovasi Daerah bertempat di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, Kamis (10/12/2020).


Acara dimulai sekitar pukul 09.40 WIB, dan dihadiri oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Kabupaten Aceh Tamiang, Para Kepala Bagian (Kabid) Lingkungan Setdakab, Para Camat, dan tamu undangan lainnya.

FGD yang diselenggarakan, selain bertujuan untuk mencapai kinerja yang efektif, dan efesien diharapkan dapat berkelanjutan sehingga dapat menciptakan layanan cepat, tepat dan akurat bagi masyarakat. 

Berbicara mengenai inovasi daerah, dalam sambutan dan arahannya, Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn, mengatakan bahwa saat ini dunia sedang dihadapkan dengan perubahan besar yang dikenal dengan Revolusi Industri. 
Hadirnya Revolusi Industri, terangnya menuntut kita harus bergerak lebih cepat, aktif dan lebih kreatif dalam melahirkan inovasi-inovasi mengikuti perkembangan dan persaingan dunia.

'Bukan main-main, tantangan kedepan karena revolusi ini semakin kompleks," terangnya.

Diakui oleh Bupati Mursil, meski tidak semua OPD dalam lingkungan Pemkab Aceh Tamiang mampu melahirkan terobosan-terobosan baru, namun begitu memiliki banyak Inovasi dalam memberikan layanan publik berbasis onformasi teknologi (IT). Ia meminta, sebaiknya topik pembicaraan dalam diskusi nantinya tidak seputar bidang IT, tapi juga dari berbagai bidang.

"Untuk memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik, melayani, berkualitas dan berbasis Information Communication Technology (ICT) sesuai dengan misi pemerintahan bermutu, tidak usah memiliki keinginan yang terlalu tinggi. Lakukan dari hal kecil dan sederhana tapi tetap terus melaju dan tidak stagnan," harapnya.

Dijelaskan lagi olehnya, inovasi lahir tidak harus bersinggungan dengan IT saja, tapi bisa pada benda yang mungkin awal munculnya berasal dari sebuah kata yang dipopulerkan dan hal tersebut bisa digunakan oleh banyak orang.

"Seperti contoh, banyak pemasok bunga kertas berasal dari Sumatera Utara, dan masyarakat kita umumnya, banyak membeli dari sana dari pada daerah sendiri, karena yang saya lihat pohonnya itu sedikit daunnya, banyak bunganya," ujar Bupati Mursil.
Lanjutnya, diharapkan dinas pertanian dapat mengembangkan bibit bunga kertas yang seperti itu, dan ini juga sebuah inovasi. Sama halnya juga seperti Durian Musang King di Thailand, kenapa kita juga tidak bisa mengembangkan bibitnya agar di Aceh Tamiang juga ada Durian Musang King.

Inovasi-inovasi seperti inilah yang diharapkan sehingga dapat menaikkan pendapatan Kabupaten Aceh Tamiang. Tidak usahlah membicarakan inovasi yang besar-besar, yang kecil seperti ini saja apakah bisa dikembangkan.

Menyinggung keinginannya beberapa waktu lalu dalam prihal surat menyurat, Bupati Mursil menginginkan agar dinas terkait membuat inovasi untuk disposisi surat, tidak lagi dilakukan secara manual namun sudah menggunakan aplikasi sehingga dimanapun dirinya berada dapat mendisposisi surat- surat tersebut.

"Intinya, saya ingin ada percepatan di daerah kita Bumi Muda Sedia dan jangan lagi untuk berkembang dari pusat. Sebagai contoh, SIPD, kalau tidak didesak dari pusat maka kita masih memakai Simda," terang Bupati Mursil.

"Kepada para OPD mari terus berinovasi secara mandiri dalam mengembangkan ide dan kreativitas, sehingga kita mampu bersaing di tingkat lokal maupun global," ungkapnya lagi penuh semangat.

Sesuai dengan laporan dari Kepala Bappeda Drs. Rianto Waris diawal acara tadi, kegiatan FGD ini menghadirkan 4 (empat) Narasumber dari Universitas Syiah Kuala yaitu Dr. Ir. Agussabti, M. Si, Prof. Dr. Ir. Rina Sriwati, M.Si, Dr. Syaifullah, ST, M. Eng dan Dr. Ir. Elly Kesumawati, M. Agric. Sementara itu diikuti oleh 55 (lima puluh lima) orang peserta yang terdiri dari kepala OPD dilingkungan Kabupaten Aceh Tamiang.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini